Lingkungan dan produksi

Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanahairenergi suryamineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia danmikro-organisme (virus dan bakteri).
Seperti yang kita tahu,di negri nusantara kita terdapat ribuan potensi sumber daya alam yang banyak yang seharusnya kita dapat kreatif menggunakanya dan dapat memproduksi berbagai masukan guna menunjang perekonomian kita.

A.Konsep lingkungan di Indonesia

Lingkungan, di Indonesia sering juga disebut "lingkungan hidup". Misalnya dalam Undang-Undang no. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, definisi Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia, dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.A.F.A Pengertian lingkungan hidup bisa dikatakan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia atau makhluk hidup yang memiliki hubungan timbal balik dan kompleks serta saling mempengaruhi antara satu komponen dengan komponen lainnya.
Pada suatu lingkungan terdapat dua komponen penting pembentukannya sehingga menciptakan suatu ekosistem yakni komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik pada lingkungan hidup mencakup seluruh makluk hidup di dalamnya, yakni hewan, manusia, tumbuhan, jamur dan benda hidup lainnya. sedangkan komponen abiotik adalah benda-benda mati yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di sebuah lingkungan yakni mencakup tanah, air, api, batu, udara, dan lain sebaiganya.

Pengertian lingkungan hidup yang lebih mendalam menurut No 23 tahun 2007 adalah kesatuan ruang dengan semua benda atau kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya ada manusia dan segala tingkah lakunya demi melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia maupun mahkluk hidup lainnya yang ada di sekitarnya.

B.Sungai

Sungai ialah salah satu pemasok air terbesar buat kebutuhan makhluk hidup. Dapat dikatakan kegunaan sungai sebagai sumber kehidupan manusia dan mahluk lainnya. Itulah sebabnya banyak kebudayaan nan bermula dan berlangsung ribuan tahun di tepi sungai. Misalnya kebudayaan Mesir di tepi Sungai Nil dan kebudayaan India di tepi Sungai Gangga. Keyakinan masyarakat India nan memeluk agama Hindu dan Budha, sungai merupakan media kudus menuju alam lain, oleh sebab itu sungai dipakai buat melarungkan abu jenazah.
Candi-candi Hindu dan Budaya di Nusantara sebagian besar di bangun di pinggir atau di dekat sungai besar, misalnya Candi Borobudur berdiri di dekat sungai Luk Ulo, Candi Prambanan dibangun bersampingan dengan sungai Prambanan.
Demikian juga dalam budaya Jepang, nan memiliki ikatan spiritual dengan sungai-sungai nan mengalir di Jepang. Sungai merupakan loka bersemayamnya roh halus. Oleh sebab itu ada beberapa kuil Shinto nan dibangun di tepi sungai.

C.Penduduk

 
Gambar ini kami ambil saat salah seorang petani sedang menjemur gabah hasil panenya.
Beragamnya suku dan budaya,juga mata pencaharian masyarakat indonesia dari petani sampai calo. Ini sebenarnya sebagai media kita sebagai masyarakat yang masing masing mempuanyai karakter kemandirian yang di realisasikan dengan mengembangkan teknologi di sektor masing, petani,peternak, yang terangkum kegiatan produksi. karena dengan hasil produksi yang berkwalitas dan mencukupi standar kwantitas yang ada, kemandirian suatu bangsa bahkan akan menjadi penunjang perekonomian yang luar biasa.
Salah satu contoh bangunan di indonesia . memiliki persamaan dalam bentuk dan lain2.
Wassalamualaikum Wr.Wb


Comments

Popular Posts