Mendukung Lingkungan atau Lingkungan Mendukung?

Juli ke 21- Mendukung Lingkungan atau Lingkungan Mendukung?

Saya kira semua sepakat bahwa jika kita tinggal di lingkungan yang baik maka  perilaku positif akan terbentuk dengan sendirinya.

Tulisan ini sedikitnya akan membahas tentang pengaruh lingkungan bagi kita. Bagaimana proses terbentuknya perilaku positif yang tumbuh disebabkan pengaruh lingkungan yang kita tempati. Dengan demikian setidaknya kita mampu mengidentifikasi lingkungan dan menjalankan apa yang seharusnya dilakukan.

Saya sendiri selama ini kurang lebihnya pernah hidup di tiga lingkungan yang berbeda. Selama empat belas tahun saya habiskan di lingkungan keluarga yang bercampur dengan masyarakat majemuk. Transfer karakter dari keluarga, penduduk desa yang beragam suku,budaya, maupun agama. Ditambah lingkungan sekolah yang terdapat beberapa karakter mencolok yang berbeda, antara cupu, keren, cuek dan lain sebagainya.

Kemudian selama tiga tahun menghadapi lingkungan yang setiap hari  berjibaku dengan masalah agama, aturan menjalankan agama, dan belajar tentang buku-buku  agama. Disusul saat ini, lingkungan yang saya tempatilah yang membuat saya memiliki pemikiran untuk menulis sebuah tulisan sederhana dan mencoba membahas lingkungan.

Jika lingkungan mempengaruhi seseorang berbuat negative maupun positif, bagaimana kita mengetahuinya? 

Saya rasa kita perlu melangkah lebih jauh, melakukan hal-hal yang menurut kita positif. Oh, untuk mengidentifikasi lingkungan positif atau negative saya tidak menganjurkan melakukan hal-hal yang negative. Hanya melangkah lebih jauh dan terus mencari tahu, sudah tepatkah apa yang sudah kita lakukan.

Pada akhirnya, kita sendiri yang akan mengendalikan lingkungan. Meski dengan diawali dibentuk oleh lingkungan, baik positif atau negati, perilaku yang akan kita lakukan selanjutnya tentunya mendukung lingkungan menjadi sebuah lingkungan seperti apa yang kita lakukan. (Jika kita seorang pemabuk, akan mendorong orang-orang di lingkungan melakukan hal yang sama sehingga kegiatan kita akan membudaya) . Pada akhirnya, hendak seperti apa lingkungan kita, dukung dengan melakukan hal-hal yang positive.

22 Juli 2017

Ditulis untuk memenuhi program kemandirian "one day one article". 


Comments

Popular Posts