Ngobrol bareng,teknik belajar

(Gagasan rencana kerja,Keluarga Permusyawaratan Mahasiswa STT Pomosda)
     Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku dari hasil pengalaman atau latihan yang di perkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar apabila dia telah dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Sedangkan respon merupakan reaksi atau tanggapan pelajar,perubahan tersebut dapat terjadi dalam berbagai bentuk perilaku dari ranah kognitif,efektif dan atau psikomotor.
Suatu lembaga pendidikan akan sangat menganjurkan kepada para peserta didik untuk giat belajar,biasanya di lakukan dengan berbagai metode,baik membaca,mendengar,menulis,mengerjakan soal latihan dan lain-lain. Namun,hanya karna angka-angka yang dikejar dan diburu ,acap kali terjadi kekeliruan metode dan bahkan kaburnya pemahaman mengenai nilai-nilai autentik pendidikan. Nilai-nilai luhur dari makna belajar lambat laun tergerus  oleh kesembronoan para marketing pendidikan,hal ini di tandai dari produk lembaga yang kurang berkwalitas. Bisa kita lihat saat ini (bisa juga berkaca pada diri sendiri) dan bandingkan dengan cita-cita luhur para Sholihin yang tercantum abadi dalam lima dasar Negara Republik Indonesia.
Mengenal empat tahapan belajar
  1. Inkompetensi bawah sadar,yaitu tidak sadar bahwa tidak tahu
  2. Inkompetensi sadar,yaitu sadar bahwa dia tidak tahu
  3. Kompetensi sadar,yaitu sadar kalau dia tahu
  4. Kompetensi bawah sadar,yaitu tidak sadar bahwa tahu
Dari keempat tahapan tersebut dimanakah kita memposisikan atau mengetahuinya? Tentu dengan penguraian bersama-samalah kebodohan kita akan terlihat oleh diri kita sendiri dan sebaliknya.
Ngobrol bareng
Belajar itu sehat! Pengalaman penulis saat ngumpul bareng temen-temen di pondok Sufi Pomosda. Kami saling kangen kumpul-kumpul membahas sesuatu yang belum sepenuhnya kami pahami. Biasanya kita lakukan di dalam kelas,jika bosan kita keluar,bisa di kandang etawa(peternakan pondok),di lapangan dan di tempat-tempat yang mendukung untuk di pake belajar.
(Ilustrasi : Kumpul bareng)
Kegiatan ini sering kita lakukan atas dasar Inkompetensi diatas,dan dari sini ide-ide segar bermunculan bahkan keyakinan kekuatan super power ada dalam belajar dengan kemasan relax,nyaman dan bernuansa kearifan,persis obrolan biasa yang terkandung beribu makna tak kan tuntas jika di tulis.
Esensinya adalah belajar di lakukan semua mahluk hidup. Manusia yang di karunia gagasan wajib mencari tau metode-metode praktis pembelajaran.
Menu malam ini :
-Ngobrol bareng
-Bareng-bareng
-Belajar
-Belajar bareng
-Bareng belajar

Pondok sufi 07-An-Nida' 03 MHD

Comments

Popular Posts