RESUME CASHFLOW QUADRANT; MENUJU FINANSIAL KEBEBASAN



Sajian pagi tentang Teori Kuadran oleh Robert Kiyosaki; menentukan langkah mencapai kebebasan finansial  melalui tiga fase; Menjadi-Melakukan-Mempunyai.

Sebuah buku keuangan yang wajib anda baca. Dari penulis Buku pengelolaan keuangan pribadi nomor satu sepanjang masa yang membahas empat kuadran finansial seseorang.

Perlu diketahui, pada tahun 1997, penulis buku ini telah megalami beberapa penolakan. Teori yang mengatakan “menabung adalah pecundang”, acap kali menerima cemooh dari beberapa penerbit mayor.

Hampir satu keragaman para redaktur penerbit mayor melontarkan pernyataan pada Kyosaki seperti ini: “Sepertiya anda tidak paham dengan apa yang anda ucapkan.”

Al-hasil, setelah kejatuhan dolar pada tahun 2000, pembahasan Kyosaki pada bukunya, Rich Dad Poor Dad seolah ramalan nyata. Selama tujuh tahun selajutnya, bukunya nangkring di harian Time sebagai best seller.

Sebelum anda melanjutkan membaca, di pagi yang sejuk, Saya sarankan siapkanlah segelas kopi susu atau segelas teh hangat supaya semakin trengginas dan bersemangat.

CASHFLOW KUADRANT; PANDUAN MENCAPAI KEBEBASAN KEUANGAN

Buku ini memetakan mindset keuangan orang-orang di empat kuadrant, mendevinisikan ke empat kuadran, menyebutkan ciri-cirinya, dan membagi serta menguraikan beberapa jenis bisnis.

Ada satua hal yang menarik ketika kita mengetahui keempat kuadran, yaitu:

E untuk employee (karyawan)
S untuk small business atau self-employed
B untuk big business (pemilik bisnis besar)
I untuk investor

Gambaranya seperi di bawah ini:

Sebagai catatan, kelas E dan S adalah sisi kiri kuadrant. Sedangkan B dan I adalah sisi kanan kuadrant.

Utuk mencapai kebebasan keuangan, kita dianjurkan menyeberang dari sisi kiri kuadrant menuju sisi kanan kuadrant.

Anda boleh meresum terkait devinisi keempat kuadran di atas. Di sini saya tidak akan membahasnya secara detil. Pokok pembahasan saya bagaimana kita bisa menyeberang ke sisi kanan kuadrant.

Melakukan yang dilakukan orang kaya itu mudah


Jika anda belajar menyeberang ke sisi kanan kuadrant dengan cara melakukan apa yang dilakukan orang-orang kaya, anda tetaplah anda, seseorang yang melakukan pekerjaan orang lain. #Kiyosaki
Mengapa demikian?

Saat ini, banyak sekali orang ingin kaya dengan cara melakukan apa yang dilakukan orag kaya. Orang-orang di sisi kiri kuadran tidak tahu apa yang harus dilakukan, akhirya, meniru apa yang sudah dilakukan orang lain.

Peta pikiran ini akhrinya menciptakan alur seperti ini: Melakukan- Menjadi- Mempunyai.
Sedangkan untuk mencapai perpindahan kuadran, yang perlu anda lakukan adalah:

Menjadi
Melakukan
Mempunyai

Dalam bukunya, Kiyosaki menjelaskan, “Tujuan adalah “tahap” mempunyai, dari ketiga kata ini. Tujuan itu seperti mempunyai tubuh yang indah, atau mempunyai hubungan asmara yang sempurna, atau mempunyai jutaan dolar.

Begitu orang mengetahui apa yang ingin mereka punyai, yaitu tujuan mereka, mereka mulai membuat daftar apa yang harus mereka lakukan. Itu sebabnya orang mempunyai daftar “to do”. Mereka menentukan tujuan mereka dan mulai melakukannya.

Kuadran CASHFLOW adalah tentang menjadi… Bukan melakukan


Lebih jelasnya, Kiyosaki menulis bahwa pindah dari sisi kiri ke sisi kanan adalah tentang menjadi, bukan melakukan. Yang terpenting bukanlah apa yang dilakukan orang yang berada di kuadran B dan I, melainkan bagaimana mereka mejadi B dan I sejati.

Materi tentang perpindahan ini memang terasa berat sekali, terlebih apabila kita benar-benar gelap mengenai ilmu keuangan. Ibarat bahasa, pelajaran mengenai Cashflow Kuadrant  seperti mempelajari bahasa asing.

Kabar baiknya, Kiyosaki juga menuliskan tipsnya supaya kita cepat bergeser menuju kuadran sisi kanan. Berikut akan saya bagikan ke Anda semua.

Silahkan praktekan pelajaran berharga ini dan segera miliki misi menyeberang ke sana.

1.       Meneliti ulang laporang keuangan anda terlebih dahulu
2.       Tentukan dari kuadran mana anda sekarang
3.       Tentukan dari kuadraan mana anda menerima pemasukan 5 tahun mendatang
4.       Mulailah rencana pengelolaan arus kas.
a.       Menyisihkan 10% / 20% (gaji & sumber lain)
b.      Depositokan uang itu ke dalam rekening tabungan investasi. Sampai anda benar-benar menginvestasikannya
c.       Selamat. Anda mulai megelola arus kas anda.

Silahkan kerjakan tips di atas. Karena saya juga sudah mulai mengerjakan tips di atas.

Sekian resume singkat saya mengenai Cashflow kuadrant keuangan. Baca juga tulisan tentang zfokus pada kelebihan bukan kekurangan.



Comments

Popular Posts