Menuju Positive Change



Aku sering membaca buku yang tulisannya begini; “Kamu adalah kegiatan yang berulang-ulang”. Artinya, jika kita pengen mahir, kita hanya perlu terus berusaha dan belajar, melakukan berulang-ulang  supaya mahir.

Pernyataan tersebut sepertiya pass banget dengan petunjuk guru ku yang selalu menekankan “melatih pembiasaan”. Bapak Kiai Tanjung sering sekali menekankan kepada kami, para santrinya, untuk membiasakan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Mulai dari hal-hal sederhana; seperti menyingkirkan duri di jalanan, mengambil sampah yang tidak pada tempatnya, dan masih banyak lagi.

Pembiasaan akan membentuk pribadi seseorang. Betul, pembiasaan positif akan menciptakan image positive bagi orang lain.

Dalam buku free writing karya Hernowo Hasim misalnya, untuk mencapai mahir menulis kita hanya dianjurlkan melakukan praktik menulis bebas selama sepuluh menit setiap hari. Jika sudah konsisten, insaallah kita akan lebih mudah menulis tanpa harus tersiksa dengan penyakit yang sering di sebut writer blocks.

Formula pembiasaan ini sebernarnya benar-benar menjadi magis apabila kita konsisten menerapkannya. Siapa sih yang tidak ingin menjadi baik? Pembunuh dan pembuat onar saja merasa mereka adalah orang baik kan?

Lalu bagaimana cara kita memulainya?


Pada tahun 2017 lalu, sekitar bulan juli atau bulan ramadhan tepatnya, aku pernah melakukan praktik menulis selama 41 hari. Mengapa 41 hari? Empat puluh satu hari ini kuambil dari petunjuk guruku, Bapak Kiai Tajung; melakukan pembiasaan itu berat, dan untuk berhasil melakukannya, kita perlu melakukan pembiasaan positive selama  41 hari.

Empat puluh satu hari memang terasa lama sekali. Kita benar-benar dipaksa melakukan hal-hal yang tidak pernah kita lakukan. Misalnya, kita sering malas menulis tapi harus menulis. Atau kita tidak pernah olahraga tapi harus olahraga.

So, sudah olahraga apa belum hari ini? Hehehehe

Cukup sekian dulu tulisanku. Kali ini aku sengaja menulisnya sedikit biar pembaca tidak bosan. Hehehe

Jangan lupa kunjungi pula tulisan-tulisanku yang lain. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts