KEKUATAN SUPER POWER PERENCANAAN

KEKUATAN SUPER POWER PERENCANAAN, BAGAIMANA SUPAYA HIDUP LEBIH PRODUKTIF

Pagi ini aku merasa bersemangat sekali. Padahal semalam tidur ku sekitar pukul 01.30 dini hari.

Entahlah, apa yang melatarbelakangi. Bangun2 yang ku ingat hanya: Aku mencoba membuat rencana hari ini dengan sangat sederhana. Membuat tiga rencana kecil yang bisa kulakukan.

  1. Olahraga mininal lima menit.
  2. Menulis minimal satu paragraf.
  3. Dan Membaca mininal satu halaman.

Dan dahsyat, ketika biasanya saat kerja aku merasa mengantuk, pagi ini malah sebaliknya. Tak ada lagi bingung mau ngapain setelah pekerjaan longgar. Semua berjalan sangat efisien.



Aku jadi berpikir begini: Beginikah yang namanya produktif?

Temen2 pernah mengalami hal begini nggak? Atau setidaknya, merasa heran sendiri dengan rasa semangat yang melenyapkan rasa loyo. Padahal semalaman melek loh, kok sampai siang ini tak ada tanda-tanyanya mau ambruk.

Ada hal sederhana yang akhir-akhir ini kutemukan, sebuah nilai sederhana, rencana sederhana. Kadang-kadang hal yang menurut kita sangat sederhana malah bisa menjadi sesuatu yang luar biasa.

Coba bayangkan kembali, setiap pagi, hal-hal sederhana apa saja yang sudah kita rencanakan; mencuci motor misalnya, bikin tulisan maknyus misalnya, atau hanya ingin merampungkan pekerjaan promosi dan menyelesaikan beberapa administrasi kantor. Wah, gurih sekali kalau bisa konsisten.

Temen-temen boleh juga mencoba hal ini, aku sendiri sudah mulai mempraktikkan beberapa hari yang lalu, kira-kira masih semingguan lah. Waktu yang kecil jika dibandingkan dengan tulisan ini. Yah, setidaknya, tulisan ini aku pakai barometer ke depan.

Sekali lagi, hal sederhana benar-benar tidak bisa di sepelekan.

Guru saya, Bapak Kiai Tanjung pernah ngendikan begini: Banyak hal sepele di besar-besarkan, maka janganlah sekali-kali kamu demikian, meski kamu tidak boleh menyepelekan hal-hal kecil.

Semoga bermanfaat. Tulisan singkatku pagi ini. Coba baca juga tulisanku KETIKA IA SEDANG

MADA WB

Comments

Popular Posts