Apa yang Perlu di Miliki Oleh Calon Blogger?

Apa yang Perlu di Miliki Oleh Calon Blogger?

Menjadi blogger tidak melulu fanatic di CPC belaka, begitu pengalamanku selama ini. Jika tujuannya menjadi blogger master, banyak jalan menuju Roma, sedang penghasilan adsense hanya salah satu penunjangnya.

Dalam tulisan kali ini, aku ingin berbagi banyak tentang pengalamanku menulis di blog.

Tapi tunggu dulu, jangan samakan aku dengan para mastah yang sudah  menghasilkan ratusan ribu dollar dari blog mereka. Biarkan aku mengeksplore pengalamanku menjadi blogger.

Ya. Dimulai dari keinginan mendapatkan peghasilan dari akun adsense, setelah kujalani sekian lama, menulis sesuai prosfesi ternyata  bisa pula di bukukan.

Lalu, apa saja sih yang bisa kita peroleh dari nge blog?

Bagi temen-temen yang masih kurang paham mengenai blog dan masih bingung income apa saja yang bisa diperoleh dari hasil nge blog, tak perlu khawatir dan gundah, tenanglah, banyak sekali yang dapat kita lakukan. Diantaranya yang akan kurangkum di bawah ini.

 Mendapatkan penghasilan dari akun adsense

Hal ini adalah  yang palig umum diketahui oleh para blogger sekalipun itu newbe. Temen-temen yang saat ini sedang berusaha mendapatkan akun adsense, teruslah bersemangat, pantang menyerah, recehan dolar hanya mengalir pada mereka yang konsisten.

Lalu apa yang perlu kita lakukan supaya blog diterima adsense?

Pengalaman pribadiku, letaknya hanya pada orisinilitas konten, fitur-fitur blog yang perlu dilengkapi, dan konsisten.

Bagaimana caranya?

Konten yang ori. Temen-temen harus mengisi blog dengan tulisan asli, bukan hasil dari kopi paste dari blog lain. Pengalaman pribadiku, aku menulis satu artikel kurang lebih 300 kata. Jika itu lebih, bisa jadi 600-1500 kata, tergantung pembahasannya.

Untuk masalah gambar yang kita pakai, aku download di google saja, searching gambar yang sesuai  tema. Dan sampai kini, tidak ada kok, copyright dari google. Artinya, tidak masalah gambar kita ambil dari website lain.

Setelah itu, ingat, kita harus konsisten. Konsisten dalam artian menulis minimal seminggu 1-3 kali.
Ingat, perhatikan template yang dibutuhkan : Frendly, simple (tidak terlalu ramai supaya mudah dibaca), dan mudah diakses.

Perhatikan pula fitur wajib yang harus dilengkapi: Prifacy Polici, Contak us, disclaimer.

Nah, jika perlengkapan webnya sudah fix, tulisan sudah memenuhi standar, konsisten, barulah kita mempelajari tentang keyword, bagaimana cara membuat judul yang bisa ke indeks google, supaya artikel kita ditemukan orang.

Di sinilah kita belajar mempromosikan blog kita. Banyak cara mempromosikan blog, silahkan cari di google, pasti banyak sekali artikel yang berebut untuk kamu baca.

Jika promosi sudah, jumlah kunnjungan blog sudah konsisten, silahkan daftarkan blog temen-temen ke akun adsense. Jika ditolak, coba lagi, try and error, sampai keterima seperti punyaku.

Jika sudah keterima, tugas baru menunggu, rawat dengan baik blog dengan cara konsisten menulis di blog, tentu dengan catatan memerhatika kaidah penerbitan artikel (Keyword, mutu, dan konsisten).

Media Menulis Buku


Jika cara yang pertama sulit kamu gapai, karena kapasitas orang tentu berbeda-beda. Bukan masalah mampu tidak mampu, melainkan focus apa yang kamu kejar. Jika kamu menulis buku, jadikan blog sebagai promosi menulis bukumu.

Aku sendiri selama ini menulis cerpen di blog ini, banyak calon cerpenku yang hendak kuterbitkan awalnya ku poting di sini.

Tenang saja, banyak kok, tulisan orang yang terbit di buku awalnya juga diterbitkan di blog. Dan pembaca buku dengan blog tentu tidak sama. Buku lebih menarik untuk dibaca, lagian siapa pula yang betah berlama-lama membaca di layar laptop atau handphone?

Memperlebar Jangkauan Innteraksi


Blog adalah salah satu media berekspresi, keluh kesah teman-teman semua bisa diarsipkan di blog. Ini akan berguna meningkatkan persona brandig, karena pada dasarnya, kita akan lebih dikenal baik apabila memiliki pandangan-panndangan yang baik.

Jika tulisan-tulisan di blog kita menarik, tentu orang akan bersimpati, jika suka, mereka akan meudah merekomendasikan kepada teman-temannya yang lain.

Nah, Dari sinilah, ekspresi itu muncul menjadi brand, meski dampaknya tidak begitu terasa, namun si pemilik blog akan merasakan sedikit dampak positifnya.

Utuk berjualan


Banyak sekali blog-blog sukses yang akhirnya digunakan untuk menjual produk-produk sang blogger. Jika mereka berkompetensi dalam dunia manajemen, mereka bisa menjual ebook-ebook tentang strategi manajemen melalui blog mereka.

Pengujung, karena sedang butuh materi dari blog itu, dengan suka rela akan membeli.
Dari sini, aku beranggapan bahwa ilmu ngeblog itu luas sekali. Seorang blogger master yang terkenal dibidangnya tentu bisa dengan mudah menjual produknya.

Jika mereka ahli FB ADS, book-ebook yang mereka tawarkan tentu mendapat sambuat meriah dari para pengunjung.

Jika temen-temen punya skill yang lebih dari yang lainnya nih, coba saja mulai sekarang konsisten membahsanya di blognya temen-temen semua.


Sampai di sini saja pembahasan kita kali ini, ya. Baca juga artikelku Pengalaman Perjalananku Menjadi Blogger
. Semoga bermanfaat. 

Comments

Popular Posts