Bagaimana Proses diterima google Adsense- Pengalaman Pertama

Agak kaget juga ketika menerima notifikasi dari google bahwa akunku ter verivikasi sepenuhnya di adsense. Senang sudah pasti iya, ditambah sedikit bingung, harus di apain nih akun baru?hehe

Adsense menurutku masih menjadi primadona di kalangan mastah para pemburu receh di google. Meski saat ini yang lebih menarik adalah youtube adsense, para pemain google adsense masih banyak yang berjaya dari memelihara blog mereka. 

Banyak sekali blog-blog, komunitas, forum, maupun group di media sosial yang nimbrung ngomongin adsense ini. Aku enggak perlu nyebutin forum mana saja, blog apa aja, atau group facebook apa aja yang kusus membahas tentang adsense. Dan pengalamanku ikut gabung diberbagai forum komunitas, hanya forum adsense-lah yang paling antusias para membernya. Setiap jam, bahkan setiap detik para member silih berganti mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar adsense. 

Dan mohon maaf, setahuku, hanya group komunitas penulis-lah yang paling sepi respon. Entah nggak tahu mengapa mereka yang statusnya sebagai penulis malah tidak antusias di group. 

Dan pagi ini aku ingin berbagi pengalamanku bagaimana proses akun blogku  diterima google adsense.

Ya, semua tentu ada proses yang panjang. Aku mulai mendaftarkan blog ini ke adsense kira-kira puasa tahun lalu, atau sekitar tahun 2015. Waow, lama sekali. Haha

Tenang, jangan kaget. Karena aku daftar adsense ini bukan satu-satunya pekerjaanku, hanya sekedar suka. Itu saja. Aku suka iseng-iseng mendesign template blog, mendownload template gratis, mengeditnya, mengganti lagi, dan seterusnya. Meskipun demikian, aku selalu baca tutorial dan tips bagaimana blog di approve adsense. Sedikit demi sedikit aku baca, aku praktekin, daftarin, di tolak, baca lagi, praktekin lagi, daftarin lagi, ditolak lagi, dan seterusnya selama hampir dua tahun.

Dan ngapain aja aku selama dua tahun itu?

Karena frustasi tidak diterima google, aku pun sedikit demi sedikit move on dari adsense. Aku belajar menulis, itu yang kulakukan.

Selama dua tahun itu memang banyak hal yang kulakukan, selain sesekali mendaftarkan blog ke adsen, aku masih terus fokus menulis. Dilingkunganku tempat aku belajar di sini, memang sangat mendukung sekali untuk mengembangka potensi. Dan itu salah satu hal terbesar yang selalu ku syukuri. Teman-teman yang memiliki daya belajar yang kuat, kritis, dan supportif kepada yang lain.

Dua tahun memang waktu yang lama, namun investasi masa depan tidak bisa disiapkan secara instan. 

Kawan, selama dua tahun aku menulis, selama itu pula aku sering membaca tutorial bagaimana blog diterima adsense. Dan salah satu syarat yang paling vital, tidak pernah terlewat dari anjuran para mastah adalah konten. Ingat, konten adalah raja. Seberapa sering kamu promosi, jika kontenmu buruk, sudah pasti sia-sia. Bahkan merugi.

Nah. Tak ada salahnya kita memahirkan tulisan kita. Banyak sekali manfaat bisa menulis, selain kita bisa membuat konten ori di blog, kita bisa menjual tulisan kita pada para bloger lain.

Dan aku anjurkan buat kamu, belajarlah dari yang gratisan dulu. Nulis sendiri, pake blog gratisan, biar gak gambling. Kecuali kalau emang kamu sudah mengerti strateginya.

Itulah sedikit pengalamanku, Bagaimana Proses diterima google Adsense- Pengalaman Pertama. Luar biasa senang bisa berbagi.

Comments

Popular Posts