4 kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa

aminmaulani.blogspot.com


          Sekelompok pemuda yang sedang belajar di perguruan tinggi, baik universitas, insitut atau akademik adalah mereka yang masih menyandang gelar mahasiswa. Keberadaan mahasiswa sebagai garda depan bangsa, artinya tolok ukur suatu bangsa sangat tergantung pada pemuda yang ada. Hal ini sekaligus tantangan terberat mahasiswa bagaimana menjadi insan akademisi yang produktif, menjadi agen perubahan (Agent Of Change), pembenahan moral bangsa (Moral Force) dan juga menjadi pengontrol kehidupan sosial di masyarakat ( Social Control), yang kesemuanya itu harus terdapat pengawalan dari institusi atau lembaga yang menjadi tempat mahasiswa berkarya.
Akan sangat sempit jika kesuksesan seorang mahasiswa hanya di artikan dengan nilai IPK yang tinggi dan cepat lulus. Paradigma inilah yang masih banyak mengakar di ranah pendidikan khususnya mahasiswa, yang sejatinya tantangan pendidikan ditempatkan pada nilai-nilai moral  dan mereka yang sukses adalah mereka yang bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Dan untuk mencapai hal itu semua, terdapat beberapa metode yang perlu di miliki oleh mahasiswa.
  1.    Spiritual
Batin yang slalu menetap pada kecintaan kepada Tuhan, slalu mengingatinya. Menjalankan perintah dan larangan-Nya. Di era teknologi seperti saat ini, tantangan terasa berat bagi para pemuda, banyak mahasiswa yang di gadang-gadang untuk menjadi kader bangsa malah terjerumus oleh hingar bingar dunia, pergaulan bebas, acuh, narkoba, dan lain-lain yang menjauhkan dari nawacita pendiri bangsa dan pendidikan. Inilah sebabnya spiritual harus menjadi dasar mahasiswa dalam mengenyam pendidikan akademiknya, sehingga memiliki quality control terhadap diri hingga bisa bermanfaat pada dirinya sendiri, lingkungan, nusa, dan bangsa.
  2.    Menguasai keahlian dibidangnya
Maksutnya, sebagai contoh jika anda memilih Teknik Industri sebagai jurusan yang anda minati, tentu tidak mungkin saat kita lulus gelar sarjana teknik hanya sekedar gelar. Tentu kita harus menjadikan profesi kita sebagai entrepreneur, mampu melakukan perbaikan, mengimplementasikan, evaluasi sistem integral dari manusia, peralatan, energi materi, dan proses menggunakan metode manufaktur, manajemen industri, sistem industri, dan tekno ekonomi.  Pun jurusan-jurusan yang lain yang anda minati.
  3.    Kuasai Teknologi
Teknologi bisa diartikan sebagai sarana yang diperlukan untuk menyediakan barang dan jasa bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Kembali pada era teknologi saat ini, meski dampak perkembangan teknologi tidak melulu membawa dampak positif , tuntutan perkembangan teknologi bagi setiap idividu hampir bisa dikatakan wajib bagi kita yang berperan di berbagai bidang seperti bidang sosial, ekonomi, pendidikan, bisnis, pemerintahan dan lain sebagainya.
Teknologi akan sangat membantu kita mencapai target-target yang telah kita canangkan.
   4.    Kuasai bahasa asing
Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting bagi manusia. Bahasa asing membawa banyak keuntungan bagi kita, salah satunya mempermudah berinteraksi dan berhubungan internasiaonal. Selain itu, bahasa asing juga bisa membantu anda menguasai kemampuan kognitif, tumbuh percaya diri, membuka kesempatan bekerja di perusahaan internasional, dan meningkatkan pengembangan usaha-usaha kita. Dalam hal ini, bahasa inggris sebagai acuan bahasa internasional untuk menghubungkan perserikatan bangsa-bangsa sedunia.
Pertanyaannya, lembaga atau institusi mana yang mampu menjawab tantangan diatas?
Penulis secara pribadi sangat percaya penuh dengan lembaga pendidikan yang ada di Pomosda untuk di pilih sebagai pengembangan karakter dengan basis spiritual, sosial (adab dan akhlaq) dan sains (pengetahuan dan keterampilan).
Sudahkah kita memiliki empat kemampuan diatas? Atau sudah puaskah anda dengan apa yang kita miliki saat ini? STT Pomosda adalah lembaga pendidikan perguruan tinggi yang sangat rekomended bagi para pencari pendidikan di era teknologi saat ini.

Comments

Popular Posts