Contoh wirausaha praktis saat kuliah

     Menjadi mahasiswa serasa kurang pas jika tidak menimba ilmu dan merantau ke negri orang, hal ini menjadi sebab banyak mahasiswa yang meski dekat dengan Universitas atau Perguruan Tinggi populer justru memilih kuliah di rantau orang, selalu faktor pengalaman menjadi salah satu alasan seseorang tak mau kuliah dekat dengan rumah. Tidak masalah, selagi tidak keluar dari koridor agamis dan jauh dari perilaku menyimpang seperti pergaulan bebas dan sebagainya.
Pada dasarnya, manusia di tuntut untuk produktif. Namun banyak yang kurang tahu bagaimana kita memulainya, dan berikut beberapa contoh wirausaha yang sangat rekomended untuk para mahasiswa yang bingung mau mencari pendapatan di lingkungannya.
1. Jualan jagung
UKM Mahasiswa STT Pomosda, jagung bakar
Bisnis jagung seperti ini sangat rekomended karena tidak membutuhkan modal terlalu banyak, cukup tempat pembakaran, arang, dan jagung mentah. Modal anda bisa gunakan jatah logistik anda selama 1 bulan. Anda bisa memasarkanya setiap habis isak sampai jam 11 malam. Dan tidak mengganggu aktifitas belajar anda.
2. Bertanam sayuran fertikultur
Usaha mahasiswa, penanaman fertikultur Dok.Pri
Memanfaatkan lahan kos sekaligus menghias, hal ini bisa anda coba bagi yang suka bertani. Kita melihat potensi sayuran yang semakin hari semakin mahal, dengan menggunakan media polybag atau fertikultur dari paralon. Tanaman yang bisa di tanam seperti kangkung, slada, sawi, dan lain-lain. Jika ingin bernilai lebih tinggi, juallah dengan kemasan berlabel organik dengan design yang menarik.
3. Beternak ayam
DOC ayam, Dok.Pri
Penulis sendiri selama ini memiliki ayam yang dipelihara di media yang seadanya. 10 ayam dipelihara di 2 kandang berukuran masing-masing 1 m. Dengan harga bibit 7 sampai 10 ribu untuk bangkok, dipelihara selama 3 bulan dengan harga jual minimal 25 ribu, tentu ini akan menjadi income bagi mahasiswa. Pengalaman penulis di jual seawaktu-waktu saat ada keperluan mendakdak, jika dipelihara lebih dari 3 bulan dan menjadi lancur, harga bisa berada di kisaran Rp.70.000 per ekor, nilai yang fantastis dibanding tidak ada pemasukan sama sekali, go try.
4. Jualan pulsa
 Penulis sampai saat ini juga masih menjual pulsa, kita bisa dapatkan pundi-pundi rupiah dari hasil jual pulsa meski tidak terlalu banyak. Rp.!500,-/ transaksi, hitungan lumayan jika anda mau mencoba, karena biasanya di daerah kos2an si penjual pulsa langsung mempunyai pelanggan tetap yang relatif banyak. Namun dalam penjualan pulsa yang harus dipertimbangkan adalah kapasitas peminjam pulsa (bon).
5. Marketing Olshop
Online Shopping saat ini banyak digemari para wanita, dengan statistik demikian kita bisa menjadikanya sebagai peluang menjadi marketing penjualan salah satu produk, baik itu fashion, kosmetik, obat, sepatu murah, dan lain-lain. Pengalaman yang penulis ketahui, obat kuat sepanjang waktu selalu laris di pasaran.
6. Belajar Google Adsense
Jika anda suka bermain internet, cobalah pelajari SEO dan seperangkatnya. Cari tahu bagaimana membuat Blogger dan Vlogger yang bisa menghasilkan rupiah dari internet.
     Itulah beberapa refrensi wirausaha mahasiswa yang tidak ada kegiatan selain ngampus, semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts